[ad_1]

Medan, Gatra.com – Kerjasama antara Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dan India yang sudah terjalin saat ini diharapkan terus ditingkatkan, khususnya dalam pengembangan perdagangan dan peternakan.

Hal itu disampaikan Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi saat menerima kunjungan Duta Besar India, Pradeep Kumar Rawat. Saat ini, India merupakan negara tujuan ekspor ketiga Sumut setelah Amerika Serikat dan Tiongkok.

Baca Juga: Sedikitnya 80 Masyarakat Sumut Mengungsi dari Wamena

Sejak bulan Januari hingga Mei 2019, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) ekspor Sumut ke India sebesar US$ 195,987 juta dengan impor sebesar US$ 96,807 juta (surplus). Sebagian besar kerja sama tersebut adalah kelapa sawit dan produk turunannya, batu bara, kelapa dan gambir.

Edy Rahmayadi mengharapkan, ke depan Sumut dapat mengurangi impor daging kerbau yang rata-rata setahun sebesar 1500 ton. Antara lain melalui investasi pengembangan peternakan di Sumut. Untuk itu, Pemprov Sumut memberikan kesempatan investor India untuk berinvestasi usaha peternakan kerbau di Sumut.

Baca Juga: Wagubsu Musa Rajeksah Ingin Belajar Digital Pelayanan Birokrasi

Hal tersebut, kata Edy, dapat memangkas ongkos pengiriman, karena selama ini impor daging kerbau harus terlebih dahulu melalui Jakarta. “Kita akan coba mempermudah investor India yang ingin membuka peternakan kerbau di Sumut. Bila ada kita akan siapkan lahannya. Bila berhasil sangat menguntungkan, memangkas ongkos dan memberdayakan masyarakat Sumut sendiri,” tambah Edy.

Salah satu contoh yang dipaparkan Edy adalah kain tenun Sumut yakni ulos dan songket. Saat ini ulos dan songket menggunakan benang impor dan salah satunya dari India. Edy berharap kedepan Sumut dapat memproduksi benang.

Baca Juga: Gubernur Sumut Galang Rp 2,1 Miliar Dana Untuk Wamena

“Apakah membeli mesin dari India dan mendidik masyarakat kita untuk bisa memproduksi benang, atau pihak India yang berinvestasi di sini untuk memproduksi benang. Ini akan kita dalam lagi,” jelasnya.

Duta Besar India, Pradeep Kumar Rawat menyambut baik apa yang disampaikan Gubernur Sumut. Pihaknya akan menindaklanjuti potensi kerja sama tersebut.

Reporter: Baringin Lumban Gaol


Editor: Baringin Lumban Gaol


[ad_2]

>>Artikel Asli<<

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here