[ad_1]

KEBUTUHAN harian semakin bertambah setiap waktu, termasuk biaya yang kita keluarkan untuk mendapatkan energi listrik. Biaya atau tagihan listrik kerap menjadi beban banyak rumah tangga, terutama saat menjelang akhir bulan. Apalagi saat ini hampir semua rumah menggunakan sistem token pada meteran listrik, itu juga berarti pemakaian listrik yang boros berpengaruh langsung dengan biaya yang dikeluarkan.

Solusinya? Kita harus lebih cerdik dalam menggunakan listrik, pada gilirannya apa yang dilakukan akan menekan pengeluaran untuk tagihan listrik. Melansir laman onserve-energy-future.com, setidaknya terdapat tujuh cara cerdik dan sederhana untuk membantu meminimalisir pengeluaran untuk listrik yang kita gunakan.

Baca juga:

Sering Disepelekan, 5 Aktivitas Rumah Tangga Ini Justru Bikin Dompet Kering

1. Penggunaan microwave

6 Cara Cerdik yang Bisa Dilakukan untuk Minimalisir Tagihan Listrik
Kembalilah menggunakan kompor gas (Foto: Pixabay/EK_Song)

Hindari penghangat makanan seperti microwave , walau instan, cepat dan mudah. Daya listrik yang dibutuhkan pada alat pemanas ini cukup tinggi, akan jauh lebih irit jika kita menggunakan kompor gas.

Kadang microwave dibutuhkan saat sedang buru-buru, karena itu simpel dan jadi banyak pilihan keluarga kekinian. Alih-alih menggunakannya, kita bisa kembali ke cara old school dengan memanaskan makanan di kompor gas. Dengan melakukannya, dijamin tagihan listrikmu akan lebih murah

2. Kipas lebih dari AC

6 Cara Cerdik yang Bisa Dilakukan untuk Minimalisir Tagihan Listrik
Hindari pemakaian kipas saat AC menyala (foto: energygov)

Jika kita berusaha untuk meminimalisir penggunan ac teurtama saat musim dingin, hal serupa juga kita lakukan dengan kipas angin. Walau pada dasarnya lisrtik yang dibutuhkan ac lebih besar di banding kipas angin, namun biaya yang digunakan keduanya bisa jadi tidak telalu jauh jika kipas digunakan non-stop.

3. Matikan lampu

6 Cara Cerdik yang Bisa Dilakukan untuk Minimalisir Tagihan Listrik
Matikan lampu jika tidak dibutuhkan (foto: tvm)

Sebagian orang ada yang terbiasa dengan mematikan lampu, ada juga yang tidak. Kebiasaan ini akan membantu kita untuk menekan biaya listrik. Selain meminimalisir tagihan listrik, mematikan lampu di siang hari juga punya peran kecil dalam mengurangi pemanasan global.

Baca juga:

Enggak bakal Mati Gaya, Hal-Hal ini Bisa Dilakukan saat Mati Listrik

4. Buka jendela

6 Cara Cerdik yang Bisa Dilakukan untuk Minimalisir Tagihan Listrik
Buka jendela agar cahaya dan udara masuk ke dalam rumah (Foto: pixabay/Psaudio)

Jika pada rumah kita memiliki jendela yang cukup banyak. Cobalah untuk membukanya saat pagi, siang, dan sore ketika matahari terbenam. Pembukan jendela bisa mengurangi biaya penggunaan listrik lampu dan juga kipas angin. Hal tersebut sekaligus membuat sirkulasi udara pada rumah juga menjadi lebih sehat.

5. Mengurangi waktu menonton TV

6 Cara Cerdik yang Bisa Dilakukan untuk Minimalisir Tagihan Listrik
Atur penggunan TV (foto: pixabay/mojzagrebinfo)

Sering terjadi, melainkan menonton TV sampai tertidur yang terjadi justru sebaliknya. Ditonton TV saat tidur. Memang ada berbagai informasi yang kita butuhkan dari TV, namun bukan berarti layar bergambar itu harus menyala terus-menerus, bahkan saat kita tidur. Jadwalkan pemakaian TV, setidaknya kita tahu informasi apa yang sedang terjadi dengan menonton siaran berita di TV.

6. Lampu LED

6 Cara Cerdik yang Bisa Dilakukan untuk Minimalisir Tagihan Listrik
Beralih ke lampu LED yang lebih baik dibanding lampu pijar (Foto: Klaushousman)

Rumah kamu masih menggunakan lampu pijar? Cobalah ganti dengan lampu LED. Selain bahan dari pembuatan lampu LED ramah lingkungan dan hemat energi, lampu yang juga lebih terang itu memiliki tingkat efisiensi energi yang tinggi. (iel)

Baca juga:

Tips Merampingkan Pengeluaran Belanja Rumah Tangga



[ad_2]

>>Artikel Asli<<

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here