Banda Aceh (ANTARA) – PT PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Aceh melalui Rumah Kreatif BUMN Aceh melatih UKM binaan perusahaan tersebut untuk memasarkan produk usahanya berbasis digital.

“Pelaku UKM harus mengikuti perkembangan zaman dengan menerapkan pemasaran melalui media daring agar produk-produk yang dihasilkan tidak hanya masuk pasar lokal, tapi juga bisa nasional dan internasional,” kata Manager UP3 Lhokseumawe, Heru Eriady di Lhokseumawe, Selasa.

Di sela-sela membuka workshop UMKM Enterprise Solution yang bekerja sama dengan Politeknik Negeri Lhokseumawe, ia menjelaskan pemanfaatan media daring untuk memasarkan produk harus dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh pelaku Ukm sehingga hasil usahanya dapat bersaing di pasar.

“Kami meyakini UKM yang memanfaatkan media daring sebagai sarana promosi, usahanya akan semakin berkembang karena pembeli tidak hanya dari daerah pelaku usaha tapi juga bisa diluar daerah,” katanya.

Manager Komunikasi PT PLN UIW Aceh, T Bahrul Halid mengatakan pelatihan tersebut juga bertujuan meningkatkan ekonomi kreatif di semua pelaku UKM Aceh Utara dan Lhokseumawe khususnya dan Provinsi Aceh pada umumnya.

Ia mengatakan PLN UIW Aceh melalui RKB PLN Aceh Utara sudah mengirimkan pelaku UKM untuk mengikuti Pameran tingkat Internasional di Malaysia dan pameran tingkat Nasional di PLN pusat dalam rangka HLN ke 74.

“Kami juga akan mengusulkan ke PLN Pusat UKM binaan dapat diikut sertakan lebih banyak lagi untuk melakukan promosi produknya sehingga upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan menyejahterakan pelaku usaha dapat terwujud di masa mendatang,” katanya.

Dalam pelatihan tersebut, pihaknya juga menghadirkan sejumlah narasumber yakni Ridwan selaku Owner Gayo Lane Coffee, TIM dari Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL) Departemen Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M).

Di sela-sela pelatihan untuk UKM binaan tersebut juga dirangkai dengan Bazar yang turut menampilkan hasil produk-produk kuliner maupun kraf UMKM Binaan RKB Aceh Utara.





>>Artikel Asli<<

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here