UNGARAN, KOMPAS.com – Jalur utama Semarang-Solo sempat mengalami kemacetan selama beberapa saat.

Penyebabnya, karena pohon tumbang di Jalan Semarang-Bawen KM 28 Bergas Kabupaten Semarang, tepatnya di depan PT Sinar Sosro.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Semarang, Heru Subroto mengatakan pohon tumbang tersebut terjadi Senin (4/12/2019) sekitar pukul 18.15 WIB.

“Saat itu hujan deras disertai angin kencang,” jelasnya.

Baca juga: 4 Pohon Tumbang akibat Hujan Deras di Enrekang, 1 Mobil Rusak

Diduga karena tidak kuat menahan angin, sebuah pohon lalu tumbang hingga mengenai kabel listrik PLN serta melintang di tengah jalan. Karena pohon melintang, maka menyebabkan kemacetan cukup panjang.

” Akhirnya, petugas piket dengan armada Ranger menuju lokasi dengan upaya pemotongan pohon dan pembersihan pohon agar jalur cepat terkondisi dan kendaraan bisa melaju,” paparnya.

Selain menyebabkan kemacetan, pohon tumbang tersebut juga membuat listrik padam. Heru mengungkapkan, BPBD langsung berkoordinasi dengan PLN terkait penanganan kelistrikan.

“Meski tidak ada korban jiwa dan material, tapi karena kejadiannya berada di jalur utama, ini tetap menjadi perhatian kita,” jelas Heru.

Baca juga: Pohon Tumbang Teronggok Dua Hari di Bantaran Kali Cisadane

Sementara seorang warga, Waluyo mengatakan, tumbangnya pohon tersebut cukup mengangetkan karena terlihat kokoh.

“Saya biasa lewat setiap hari, pohonnya kelihatan kuat. Tapi mungkin akarnya tidak kuat karena angin kencang,” ungkapnya.

Hingga pukul 22.30 WIB, petugas dari PLN dan BPBD Kabupaten Semarang masih melakukan penanganan terhadap pohon tersebut. Meski jalur sudah terbuka, petugas masih memotong pohon untuk dievakuasi.



>>Artikel Asli<<

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here